[TUGAS #3] PENGANTAR TEKNIK INFORMATIKA

WORKSHEET

  1. Jelaskan jenis-jenis data beserta contohnya!
  2. Jelaskan beberapa teknik visualisasi data yang Anda ketahui! (minimal 3)

JAWABAN

1. Jenis Data

        Jenis-jenis data dapat dibagi berdasarkan sifatnya, sumbernya, cara memperolehnya, dan waktu pengumpulannya. Menurut sifatnya, jenis-jenis data yaitu:

    • Data Kualitatif: data kualitatif adalah data yang tidak berbentuk angka, misalnya: Kuesioner Pertanyaan tentang suasana kerja, kualitas pelayanan sebuah rumah sakit atau restoran, atau gaya kepemimpinan, dll.

    • Data Kuantitatif: data kuantitatif adalah data yang berbentuk angka, misalnya: harga saham, besarnya pendapatan, dll.

Jenis-jenis data menurut sumbernya, antara lain:

    • Data Internal: data intenal adalah data dari dalam suatu organisasi yang menggambarkan keadaan organisasi tersebut. Contohnya: suatu perusahaan, jumlah karyawannya, jumlah modalnya, atau jumlah produksinya, dll.

    • Data Eksternal: data eksternal adalah data dari luar suatu organisasi yang dapat menggambarkan faktor-faktor yang mungkin mempengaruhi hasil kerja suatu organisasi. Misalnya: daya beli masyarakat mempengaruhi hasil penjualan suatu perusahaan.

Jenis-jenis data menurut cara memperolehnya, antara lain:

    • Data Primer (primary data): data primer adalah data yang dikumpulkan sendiri oleh perorangan/suatu organisasi secara langsung dari objek yang diteliti dan untuk kepentingan studi yang bersangkutan yang dapat berupa interview, atau observasi.

    • Data Sekunder (secondary data): data sekunder adalah data yang diperoleh/ dikumpulkan dan disatukan oleh studi-studi sebelumnya atau yang diterbitkan oleh berbagai instansi lain. Biasanya sumber tidak langsung berupa data dokumentasi dan arsip-arsip resmi.

Jenis-jenis data menurut waktu pengumpulannya, antara lain:

    • Data Cross Section, yaitu data yang dikumpulkan pada suatu waktu tertentu (at a point of time) untuk menggambarkan keadaan dan kegiatan pada waktu tersebut. Misalnya; data penelitian yang menggunakan kuesioner.

    • Data Berkala (time series data), yaitu data yang dikumpulkan dari waktu ke waktu untuk melihat perkembangan suatu kejadian/kegiatan selama periode tersebut. Misalnya, perkembangan uang beredar, harga 9 macam bahan pokok penduduk.

2. Teknik Visualisasi Data

1. Bar Chart (Grafik Batang)

Jika ingin membandingkan satu hal dengan hal yang lain, maka grafik batang adalah opsi yang baik.

Tambahkan dengan mengurutkan dari data terbesar dan terkecil (atau sebaliknya) agar menjadikan data yang ingin anda tampilkan menjadi lebih jelas dan mudah untuk dimengerti. Berikan sedikit jarak antara batang yang satu dengan batang yang lain.

2. Pie Chart (Grafik Kue)

Pie chart digunakan jika ingin menunjukkan informasi berupa proporsi sebuah dimensi terhadap keseluruhan dengan cara data dimasukkan dalam sebuah lingkaran yang terbagi menjadi beberapa bagian yang proporsional, jangan lupa memberikan label proporsi data pada masing-masing bagian agar mempermudah orang yang ingin melihat besarnya proporsi dari dimensi yang diminati.

Tambahkan dengan teknik “ledakan”, yakni dengan memisahkan bagian chart yang ingin ditonjolkan dari bagian lingkaran tersebut. Dengan demikian mata penyimak pertama kali akan tertuju pada bagian yang terpisah tersebut.

3. Line Chart (Grafik Garis)

Sebagian data dikumpulkan hanya pada satu waktu, namun beberapa orang tertarik untuk melihat perubahan dari waktu ke waktu.

Dengan mengetahui tren perubahan di masa lalu, diharapkan kita dapat memprediksi kejadian di masa depan atau lebih baik lagi memperbaiki kesalahan-kesalahan yang menyebabkan tren negatif dan meraih tren positif di masa depan. Line chart adalah grafik yang tepat untuk menunjukkan perubahan data dari waktu ke waktu. Jika anda ingin membandingkan beberapa hal maka tinggal membuat multiple line chart, lalu bisa dibedakan dengan warna dan button.


Sumber :

1. https://ganjarsayogo.wordpress.com/2015/04/24/data-pengertian-jenis-metode-pengumpulan-dan-variabel-penelitian/
2. http://ganyuda.blogspot.co.id/2016/10/pengertian-data-dan-jenis-data-beserta.html
3. https://datatalker.wordpress.com/2015/06/03/visualisasi-data-dengan-pemilihan-grafik-yang-tepat/

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *